SALAM TOBASA " DARI KITA, UNTUK KITA SEMUA "

SALAM TOBASA  " DARI KITA, UNTUK KITA SEMUA "
<<<<< INFO JELAS - LANGSUNG TINGGALKAN PESAN >>>>>

Jumat, 24 September 2010

DKI Akan Bangun Pusat Kesenian Betawi

Sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya dan kesenian Betawi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun Pusat Kesenian Betawi.

Pusat Kesenian Betawi itu akan didirikan dengan memanfaatkan gedung bekas kantor Kodim 0505 di Jalan Raya Bekasi, Jatinegara , Jakarta Timur. Diharapkan, para seniman Betawi dapat melakukan berbagai pementasan seni dan budaya di gedung tersebut.

Renovasi bekas kantor Kodim 0505 oleh Pemprov DKI merupakan saran dari Bamus Betawi. Tahun ini pemugaran sudah mulai dikerjakan dan diharapkan tahun depan pengerjaan pembangunanya akan dituntaskan.

Gedung itu akan menjadi pusat kesenian Betawi, dan berada di bawah Bamus Betawi. Selain itu, lembaga kebudayaan Betawi juga akan ada di dalamnya. "Pembangunan ini dilakukan multiyears, saya minta tahun 2012 sudah tuntas pembangunannya," kata Fauzi Bowo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budhiman menuturkan, gedung eks Kodim 0505 adalah milik Pemprov DKI. Renovasi akan dilakukan oleh Dinas Parisiwata dan Kebudayaan DKI.

Saat ini, renovasi dalam tahap proses dengan biaya pemugaran sebesar Rp 4 miliar. Proses pemugaran akan dilakukan secara hati-hati. Sebab, bangunan bekas kantor Kodim tersebut masuk sebagai bangunan cagar budaya. "Bangunan ini masuk cagar budaya, maka renovasi dilakukan dengan hati-hati tanpa merusak struktur bangunan secra keseluruhan," tandasnya.

Ketua Bamus Betawi, Nachrowi Ramli menyambut baik langkah Pemprov DKI yang memprogramkan pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Dia berharap kebijakan ini berlanjut untuk melestarikan budaya Betawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar