SALAM TOBASA " DARI KITA, UNTUK KITA SEMUA "

SALAM TOBASA  " DARI KITA, UNTUK KITA SEMUA "
<<<<< INFO JELAS - LANGSUNG TINGGALKAN PESAN >>>>>

Jumat, 24 September 2010

Target Pariwisata Indonesia Tahun 2010.


Kilas balik tentang 'Pariwisata dan Kebudayaan' yang ada di Indonesia, maka sesungguhnya sejak dulu Indonesia dikenal memiliki kekayaan yang luar biasa, baik itu kekayaan alam maupun kekayaan budayanya, yang membuat banyak bangsa di dunia ini yang datang untuk melihat dan menikmati. 
Banyak wisatawan asing dan domestik memilih Indonesia untuk dijadikan tempat berkunjung atau berlibur, dengan tujuan untuk melihat dan menikmati keindahan dari kekayaan alam dan budaya Indonesia. Adapun keindahan yang dapat di nikmati di Indonesia adalah :

1.    Pantai
2.    Pengunungan
3.    Sawah dan hutan yang luas
4.    Prasasti atau monumen bersejarah
5.    Beranekaragam tarian
6.    Kerajinan tangan

Indonesia kaya dengan beragam wisata budaya dan keindahan wisata alam, serta berbagai masakan yang mengandung nilai cita rasa tinggi dalam wisata kulinernya. Keindahan itu semua yang akhirnya membuat Indonesia dikenal sebagai salah satu negara tempat wisata yang popular dari Sabang sampai Merauke. 
 
Beberapa Tempat Wisata Indonesia yang "sering dikunjungi wisatawan" adalah :
  • Pulau Jawa : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Telaga Sarangan, Hutan Wisata Grojogan Sewu, Kawah Putih, Pulau Umang, The Michael Resort dan tempat wisata lainnya.
  • Pulau Kalimantan : Taman Perjuangan di Kota Palangka Raya, Bumi Perkemahan Panglima Batur di Muara Teweh Kalimantan Tengah, Pasar Terapung di Muara Kuin Banjarmasin Kalimantan Selatan, Sungai Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Gunung Lumut Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, Patung Dayak, dan Orang Utan dan tempat wisata lainnya.
  • Pulau Sumatra : Wisata Sepeda, Pekan Kebudayaan, Perlombaan Pacuan Kuda Tradisional, Mesjid Raya Baiturrahman, Perkebunan Kopi, Peringatan Bencana Tsunami di Aceh, Bukit Lawang, Bukit Lawang, Parapat, Sibolangit, Deli Serdang, Istana Maimun, Mesjid Raya Medan, Taman Ria, Taman Air Mancur Di Sumatra Utara, Sunset Indah Taman Nirwana, Mendaki Penyangga Langit, Bumi Minangkabau, Lubuk Minturun Tempat Mandi Meener dan None Belanda, Seribu Ketakjuban di Puncak Lawang, Lubuak Bonta Pesona Alam yang Mengesankan, Masjid Tuo Kayu Jao Saksi Keberadaan Islam Sejak Abad XVI, Batu Talempong Talang Anau, Batu Basurek Peninggalan Aditiawarman di Sumatra Barat, wisata bahari di Bangka Belitung dan masih banyak tempat wisata lainnya.
  • Pulau Sulawesi : Pantai Malalayang di Manado, Rumah Adat Mamasa, Air Terjun Liawang di Mamasa, Pantai Talise di Palu, Jembatan Teluk Palu, Tanjung Sindupa Gorontalo Utara, Pantai Bolii Sulawesi Tengah, Pantai Wakatobi, Danau Poso serta tempat wisata lainnya di Pulau Sulawesi.
  • Pulau Bali, Nusa Tenggara : Hutan Nostalgia di Alor, Kebun Strawberry di SoE, Batu Bunga di Alor, Pantai Lovina dan Kuta di Bali, Pantai Senggigi dan Gunung Rinjani di Lombok, Taman Komodo, dan tempat wisata lainnya.
  • Pulau Maluku : Pantai Natsepa, Pantai Pasir Putih, Tarian tradisional bambu gila, Wisata Belut di Kolam Waiselaka, Desa Waai, Maluku, dan tempat wisata lainnya
  • Pulau Papua : Raja Ampat, Pulau Doom, Senja di Kaimana, Pulau Mansinam, Pesona Danau Sentani, Rumah kaki seribu suku arfak dan tempat wisata lainnya.
Sekalipun Indonesia banyak tempat wisata popular tapi menurut Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Depbudpar Firmansyah Rahim sebelumnya mengungkapkan, Indonesia menempati peringkat 81 dari 133 negara di dunia terkait daya saing pariwisata,  berdasarkan hasil survei World Economic Forum (WEF) pada 2009.

Mengapa demikian? Salah satunya yaitu 'infrastruktur!!!
Sebagai contoh: jika kita ingin ke tempat wisata di Air Terjun Liawan di Sumarorong, Mamasa, Sulawesi Barat, maka untuk menuju ke sana harus menempuh jalan darat yang cukup lama dari Mamuju, ibu kota propinsi Sulawesi Barat, atau melalui Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya hampir sama, ditempuh sekitar 10 jam. 
Selain itu 'kenyaman dan kebersihan tempat wisata', sebagai contoh Wisata Belut di Kolam Waiselaka, Desa Waai, Maluku, bangunan dan kolam kurang perawatan dan harus ditambah lagi tempat – tempat peristirahatan.

Apa solusi untuk tahun 2010?  
Pemda – pemda atau dinas – dinas pariwisata setempat sudah mulai fokus terhadap infrastruktur, kebersihan akan tempat  - tempat wisata dan pembangunan tempat – tempat peristirahatan yang mendukung banyaknya wisatawan berkunjung.

Jero Wacik mengatakan bahwa pada tahun 2010 nanti Indonesia siap untuk menerima kunjungan 7 juta orang wisatawan asing. Jero Wacik membidik sasaran pada satu angka 7 juta yang “bersejarah” karena sejak 2008, target ini tidak pernah tercapai. Seperti yang kita ingat, tahun 2008 Depbudpar mentargetkan kedatangan turis asing sebanyak 7 juta, namun hanya tercapai 6,4 juta. Tahun 2009 juga  tidak ada tanda-tanda bahwa angka 7 juta akan tercapai.

Di samping itu untuk mendukung target wisatawan 7 juta yang dikatakan Jero Wacik, mari kita untuk tahun 2010 mengisi liburan ke tempat – tempat wisata yang ada di Indonesia ini.

Akhir kata kami mengucapkan, "Selamat Menikmati Pariwisata Indonesia."


Sumber dari :
http://www.beritadaerah.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_tempat_wisata_di_Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar